Ionic Water Silver

 

Apa itu Ionic Water Silver ?

 

Sebelum membahas mengenail Ionic Water Silver atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai air ion perak , pertama – tama mari kita bahas apa itu perak beserta manfaat dan kerugiannya .

 

Perak adalah unsur logam dengan nomor atom 47. Simbolnya adalah Ag, dari bahasa Latin argentum, dari akar PIE yang direkonstruksi sebagai *h₂erǵ-, “abu-abu” atau “bersinar”. Sebuah logam transisi lunak, putih, dan berkilau, ia memiliki konduktivitas listrik, konduktivitas termal, dan reflektivitas tertinggi di antara semua logam. Logam ini terjadi secara alamiah dalam bentuk murni, bentuk bebas (perak asli), sebagai paduan dengan emas dan logam lainnya, dan dalam mineral seperti argentit dan klorargirit. Kebanyakan perak diproduksi sebagai produk samping penambangan tembaga, emas, timah, dan seng.

Perak telah lama dinilai sebagai logam mulia. Lebih melimpah daripada emas, logam perak telah berfungsi di banyak yang sistem moneter pramodern sebagai spesi koin, kadang-kadang bahkan bersama emas. Kemurniannya biasanya diukur berbasis per-mil; paduan murni 94% dijelaskan sebagai “0,940 fine”. Selain itu, perak memiliki berbagai aplikasi di luar mata uang, seperti pada panel surya, penyaringan air, perhiasan dan ornamen, peralatan makan dan perabotan bernilai tinggi (muncullah istilah silverware), dan juga sebagai investasi dalam bentuk koin dan bulion. Perak digunakan industri dalam stop kontak dan konduktor listrik, pada cermin khusus, pelapis jendela dan dalam katalisis reaksi kimia. Senyawanya digunakan dalam film fotografi dan sinar-X. Larutan perak nitrat encer dan senyawa perak lainnya digunakan sebagai disinfektan dan mikrobisida (efek oligodinamika), ditambahkan ke perban dan pembalut luka, kateter dan peralatan medis lainnya.

 

Sejak dahulu dunia medis memanfaatkan perak sebagai antibiotik alami. Bapak Kedoteran Modern asal Yunani, Hippocrates terkesan dengan manfaat perak untuk menyembuhkan luka dan berbagai penyakit. Pada 69 sebelum Masehi, perak nitrat tercatat dalam farmakope kontemporer sebagai antimikroba.

Pada periode 1900-1942 perak menjadi obat yang diandalkan melawan infeksi di AS. American Medical Association mencatat lebih dari 96 jenis aplikasi perak digunakan dalam obat-obatan. Namun, popularitas perak mulai menurun ketika obat antibiotik ditemukan pada 1930.

Obat antibiotik yang dahulu dianggap ajaib justru menjadikan bakteri kebal (resisten). Namun, perak tetap ampuh melawan mikroba hingga saat ini.

Melihat manfaat piring perak, masyarakat di India sudah terbiasa menggunakannya. Mereka terbiasa menyantap maupun minum menggunakan piring, gelas, sendok dan garpu perak. Kemampuan antibakteri ini mendukung sistem kekebalan tubuh Anda karena menurunkan risiko infeksi.

Sifat antibakteri perak juga menjaga wine, air dan makanan lain lebih tahan lama. Berbeda dengan logam berat lain, perak tidak beracun bagi tubuh. logam ini tidak mudah teroksidasi yang menghasilkan efek racun pada tubuh. Bahkan, logam ini tidak kadaluarsa sehingga Anda bisa membeli perangkat makan perak satu kali untuk seumur hidup.

 

Perak atau silver sendiri juga memiliki manfaat bagi manusia. Apa saja manfaat dari perak atau silver? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari perak atau silver :

1. Sebagai perhiasan selain emas

Manfaat perak paling utama adalah sebagai salah satu perhiasan. Perak tidak dapat mengalami korosi, sama seperti emas, namun dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan produk perhiasan dari emas. Karena itu, perak dapat menjadi salah satu alternative dari perhiasan, seperti cincin, gelang, kalung dan juga anting.

2. Sebagai Investasi

Perak juga dapat anda gunakan sebagai salah satu bahan investasi. Meskipun memiliki nilai yang lebih kecil dibandingkan harga emas, namun demikian harga perak cenderung lebih stabil, dan dapat anda jadikan salah satu investasi logam mulia yang menarik untuk kebutuhan anda kelak.

3. Sebagai ornament dan hiasan

Perak juga sering sekali dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan ornamen-ornamen dan juga hiasan pada rumah. Biasanya ornament dn juga hiasan ini dapat berupa pajangan.

4. Sebagai peralatan makan

Manfaat perak dalam kehidupan manusia juga digunkan sebagai salah satu bahan utama dari pembuatan peralatan makan, seperti garpu, sendok, sumpit dan juga cawan. Biasanya, peralatan makan degan bahan perak ini jauh lebih berkualitas daripada peralatan makan yang terbuat dari stainless steel biasa. Anda dapat menemukan peralatan makan dari bahan perak ini pada restoran fine dinning dan juga berbagai hotel bintang 5, yang menyajikan unsur kemewahan.

5. Sebagai penghantar listrik, pengganti kawat tembaga

Perak memilki konduktivitas listrik yang jauh lebih baik dibandingkan tembaga. Maka dari itu, perak dapat dimanfaatkan sebagai pengganti dari kawat listrik yang berbahan dasar tembaga. Hambatan yag lebih kecil membuat perak dapat membantu mengalirkan arus listrik menjadi lebih lancar dan juga lebih baik lagi.

6. Sebagai Mata busi

Busi merupakan salah satu komponen kecil yang sangat penting dalam kendaraan bermotor, seperti sepeda motor, mobil, alat berat dan juga genset. Busi berfungsi untuk mengalirkan listrik atau bunga api, agar dapat terbakar pada ruang pembakaran mesin, yang anntinya akan menyalakan mesin, dan mengeluarkan tenaga mesin. Salah satu bahan mata busi yang terbaik adalah busi silver, yang terbuat dari manfaat perak. Dengan hambatan yang kecil, maka bunga api yang dihasilkan akan menjadi lebih besar dan juga lebih baik untuk proses pembakaran di dalam mesin.

7. Sebagai bahan baku pembuatan medali

Anda pasti sudah sering mendengar mengenai hal ini. ya, medali emas, medali perak dan juga medali perunggu. Perak merupakan salah satu bahan utama pembuatan medali perak, yang dicampur beberapa unsur lain untuk menekan harga produksi dari medali tersebut. Biasanya medali perak diberikan untuk merka yang berada pada juara 2, atau di bawah emas. Hal ini memang menunjukkan kualitas perak, yang berada di bawah emas.

8. Bahan baku pembuatan uang koin

Salah satu manfaat dari perak yang saat ini mulai ditinggalkan adalah sebagai salahsa tu bahan pembuatan uang koin. Saat ini, uang koin sudah jarang dibuat dari perak, karena faktor biaya produksi. Namun demikian, perak pernah menjadi salah satu alat tukar berupa uang koin yan gsangat populer, yang bersanding dengan uang koin yang berbahan dasar emas untuk prosese transaksi jual beli.

9. Antimikroba dan dapat mencegah infeksi dan iritasi

Ternyata perak juga memilki sifat yang alami sebagai anti mikroba dan juga anti iritasi. Itulah sebabnya, perhiasan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar perak tidak akan membuat kulit anda menjadi merah-merah dan iritasi karena alergi.

Ion Perak Sebagai Suplemen

Salah satu hasil olahan dari perak adalah ion perak,yang dijadikan air, sehingga dapat dikonsumsi. Ion perak ini saat ini sudah mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas, karena memilki banyak sekali manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari olahan perak ini :

1. Dapat membantu melancarkan proses pencernaan – Ion perak ini dapat membantu melancarkan proses pencernaan pada tubuh anda. Hal ini dapat membuat anda terhindar dari gejala-gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, wasir, dan sulit buang air besar.

2. Menangkal radikal bebas – Manfaat perak bagi kesehatan yang diolah menjadi ion perak ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti kanker, dan juga dapat mencegah penuaan dini dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Mengaktifkan kembali sel tubuh yang mengalami kerusakan – Manfaat lainnya dari ion perak adalah dapar membantu untuk mmengaktifkan kembali sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan

4. Meregenerasi sel tubuh – Selain mengaktifkan sel tubuh yang mengalami kerusakan, ion perak juga dapat membantu untuk meregenerasi sel-sel tubuh.

5. Dapat mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka – Ion perak dapat membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka, dan juga dapat membantu mencegah munculnya infeksi pada bagian tubuh yang terluka.

6. Mencegah penyakit seperti pilek, flu dan batuk – Penyakit-penyakit ringan yang sering muncul, seperti flu, batuk, dan gangguan kesehatan lainnya juga bisa dicegah dengan menggunakan ion perak ini.