Play & Fun

play and fun

Bermain tentu akan sangat menyenangkan bagi keluarga terutama bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Bermain merupakan sifat naluriah seorang anak. Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menarik. Bermain membantu mengembangkan imajinasi anak, kreativitas, kemampuan dalam memecahkan masalah dan meningkatkan keterampilan sosial.

Dengan menggunakan imajinasi, mereka menciptakan kepercayaan untuk bermain yang memungkinkan anak-anak untuk memiliki kontrol atas dunia mereka ketika bermain. Seorang anak bisa bermain sendiri, bermain dengan anak lain, tetapi memiliki interaksi terbatas, atau dua atau lebih anak bisa aktif bermain bersama, berbagi pengalaman.

Ternyata cara seorang anak bermain pun ada jenis-jenisnya, Ma. National Council for Curriculum and Assessment mendefinisikan 5 cara anak bermain sebagai berikut:  

  • Bermain soliter, di mana anak bermain sendiri.
  • Bermain sebagai penonton, anak menonton orang lain bermain tanpa bergabung.
  • Permainan paralel, anak bermain berdampingan dengan anak lain, seringkali dengan benda atau jenis permainan yang sama, tetapi tanpa berinteraksi.
  • Permainan asosiatif /kemitraan, anak-anak mulai bermain bersama, mengembangkan interaksi melalui melakukan kegiatan yang sama atau bermain dengan peralatan serupa atau dengan meniru.
  • Bermain kooperatif, anak-anak berinteraksi, bergiliran, berbagi, dan memutuskan bagaimana dan apa yang harus dimainkan. Mereka berkolaborasi, mengembangkan, dan menegosiasikan ide untuk permainan mereka.

Karena itu AHC hadir untuk membantu memenuhi kebutuhan bermain di dalam keluarga.